Waw Dunia Pendidikan di Hebohkan dengan Membatik

Betrikania...
Ternyata Batik kini tidak hanya berlaku pada dunia fashion atau untuk keperluan komersil saja nih. Dalam perkembangannya, batik kini juga telah merambah ke dalam dunia pendidikan sebagai upaya pelestarian batik.
Oya, selain itu program pelestarian batik ini sekaligus memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada generasi muda seperti kita, agar tidak hanya bisa menggunakan saja, tetapi lebih dari itu, yaitu memahami dan menjiwai tentang apa itu batik dan bagaimana cara membuatnya. Hayyo,, apa kamu sudah sering menggunakan batik Betrikania? Namun kenyataanya batik dalam dunia pendidikan memang masih sedikit yang memahami dan mengetahuinya. 


Kabupaten Bantul kini membuat gebrakan Betrikania yaitu, dengan memasukkan batik menjadi sebuah kurikulum mata pelajaran muatan lokal khusus yang diwajibkan pelaksanaannya untuk semua sekolah/ madrasah yang terdapat di Kabupaten Bantul. Pelaksanaannya sendiri sudah memiliki kekuatan hukum berupa SK Bupati Bantul No. 05 A tahun 2010 tentang penetapan membatik sebagai muatan lokal wajib di Kabupaten Bantul yang baru dimulai pada awal tahun 2011 ini. Wih.. bener-bener TOP ya..

Muatan lokal batik ini juga terbilang cukup unik loh karena siswa disekolah diberikan materi dan pengetahuan mengenai batik dan motif serta filosofinya sehingga siswa merasa penasaran tentang bagaimana batik yang selama ini mereka gunakan. Selain itu, mereka juga diajarkan bagaimana cara membuat batik itu sendiri dan dimana mereka melakukan praktek membatik secara langsung layaknya seorang pengrajin batik. Kegiatan dalam proses membatik tidak berhenti hingga siswa membatik karena siswa diberikan juga pengetahuan dan keterampilan untuk pewarnaan dan pencucian batik hingga menjadi sebuah kain batik yang siap digunakan. Pembuatan motif batik pun, dalam beberapa kasus pada sekolah tertentu, dilakukan sendiri oleh siswa sehingga selain keterampilan, pengetahuan serta pengalaman yang didapat, siswa juga dapat mengembangkan kreativitasnya dalam membuat pola batik sesuai dengan imajinasi mereka. Pasti asyiik tu?? Jadi ngiri deh ma pelajar di Kabupaten Bantul.. (he.he..)
Untuk itu, dimasa modern seperti ini, pelestarian budaya tidak harus selalu berkiblat pada cara-cara lama yang dipandang membosankan oleh generasi muda. Dibutuhkan cara yang lebih kreatif dan unik untuk dapat merangkul generasi muda agar mau dan tertarik dengan budaya yang telah dimiliki oleh bangsa ini yang salah satunya dapat ditempuh melalui dunia pendidikan.

Sumber: batikindonesia.com


0 comments:

Post a Comment