Grebeg Selarong, Mengenang Pangeran Dipenegoro

Setiap tahun, sejak kali pertama diadakan pada tahun 2005, para pemuda yang tergabung dalam Karang Taruna Dipo Ratna Muda, Desa Guwosari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul menggelar upacara Grebeg Selarong. Salah satu tujuan acara ini adalah untuk lebih mengenalkan Obyek Wisata Gua Selarong kepada masyarakat luas. Selain itu juga mengenalkan perjuangan Pangeran Diponegoro kepada generasi muda. 
Tujuan lain Grebeg Selarong yaitu mengenang atau memperingati hijrahnya Pangeran Diponegoro dari Yogyakarta ke Gua Selarong pada bulan Juli 1825. Di tempat inilah Pangeran Diponegoro mengatur siasat dan strategi perangnya. Gua ini dipilih karena lokasinya tersembunyi, yang kala itu masih berupa hutan belantara.
Dalam acara itu digelar seminar, festival reog dari berbagai dusun di Desa Guwosari, pengajian, bazar berbagai barang kerajinan yang diproduksi masyarakat setempat, festival budaya lokal, festival band, festival drum band, dan doa sekaligus makan nasi tumpeng bersama di ujung acara.
Agenda Grebeg Selarong juga sekaligus dijadikan ritual Merti Desa oleh masyarakat setempat. Merti Desa sendiri merupakan wujud rasa syukur masyarakat setempat kepada Tuhan yang telah memberikan mereka kehidupan dan kesejahteraan, baik lahir maupun batin. Selanjutnya, Merti Desa juga menjadi ajang untuk memohon keselamatan seluruh masyarakat.

SUMBER : www.wisatamelayu.com

0 comments:

Post a Comment