Apa Kabar nih Pendidkan Anak Usia Dini (PAUD) Gunung Kidul?


 Salam Betrikania !!

Yuk kita tengok tentang Pendidikan Usia Dini atau yang sering kita sebut dengan PAUD Gunung Kidul saat ini..

Waw... Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD ) di Kabupaten Gunung Kidul tergolong pesat nih. Dalam lima tahun terakhir , telah berkembang 378 PAUD dengan 1542 guru PAUD di seluruh wilayah Kabupaten Gunung Kidul. Sayang sekali, dengan bertambah pesatnya pertumbuhan dan minat masyarakat terhadap PAUD ini, belum diimbangi pemberian kesejahteraan yang layak bagi para guru PAUD. 

Ketua Forum PAUD Gunung Kidul Muslikhah mengungkapkan hanya sekitar 30 persen dari guru tersebut yang sudah memperoleh insentif dari pemerintah. Sebanyak 306 guru memperoleh insentif Rp 1,2 juta per tahun dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara sedangkan 100 guru mendapat insentif dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Gunung Kidul sebesar Rp 600.000 per tahun. Wadu.. tapi, semoga saja besok cepat bertambah ya.. amiin.

Untuk kenyataannya Betrikania , PAUD memiliki peran penting dalam mencetak manusia Indonesia yang berkualitas di masa depan. Tetapi, bagi kondisi Kabupaten Gunung Kidul saat ini, yang memiliki minim insentif, pekerjaan mengajar di PAUD lebih menyerupai sebagai pekerjaan sosial.  

Oya, sampai lupa nih. Selain itu, karena kebanyakan orangtua murid di Kabupaten Gunung Kidul berprofesi sebagai petani, mayoritas PAUD di Gunung Kidul kini lebih banyak memberikan pendidikan kepada anak-anak pada sore hari loh. Biasanya, pendidikan PAUD dimulai pada pukul 15.00-17.00. Wah-wah, malah asiik euy, belajar pada sore hari. Kebayang gak tuh Betrikania?

Selain menunggui anak belajar, forum PAUD juga menjadi ajang bagi orangtua untuk saling bertukar pengalaman tentang ilmu pengasuhan anak. Umumnya, kesadaran orangtua cukup tinggi untuk memasukkan anaknya ke pendidikan PAUD. 

Jangan khawatir guys, peningkatan kualitas guru dalam PAUD ini dilakukan dengan menggelar diklat guru PAUD pada setiap tahunnya. Jadi, untuk kualitas guru itu sendiri, tidak bisa dianggap enteng loh. Hehe.. okelah kalau begitu, tetap maju terus PAUD Gunung Kidul!! Cetaklah anak bangsa untuk meneruskan cita-cita negeri ini kedepannya... ayo semangaaat!!

0 comments:

Post a Comment