Pantai-Pantai Daerah Bantul

Pantai Kuwaru
Pantai Kuwaru terletak di Dusun Poncosari, Kecamatan Srandakan, Kabupaten Bantul, DIY. Di areal Pantai Kuwaru banyak penjual yang menjajakan beragam jenis makanan mulai dari snack kemasan pabrik, kue tradisional hingga gorengan. Disini pun tersedia banyak pilihan, aneka es hingga ronde banyak dijumpai. Selain itu, di sekitar pantai terdapat beberapa warung makan yang siap mengolah aneka hasil laut. Ikan segar hasil tangkapan para nelayan ini bisa dinikmati dalam aneka masakan.
Di pantai ini tumbuh banyak pohon akasia dan pohon cemara. Pepohonan ini memang sengaja ditanam untuk megurangi abrasi yang dari tahun ke tahun semakin parah. Betrikania.. karena itulah dinamakan Pantai Kuwaru. Datang dan nikmati kesejukannya :D

Pantai Samas
Betrikania... Pernahkah kalian berwisata ke Pantai Samas? Pantai Samas terletak di Desa Srigading, Sanden, Bantul atau sekitar 24 km selatan Yogyakarta. Pantai Samas terkenal dengan ombaknya yang besar, delta-delta sungai dan danau  air tawar yang membentuk telaga. Pada waktu-waktu tertentu Pantai Samas juga digunakan sebagai lokasi bertelur sejumlah penyu langka seperti: penyu hijau, penyu sisik, penyu blimbing, dan penyu lekang. Daya tarik lain dari Pantai Samas yang cukup menjanjikan sebagai kawasan tujuan wisata adalah adanya upacara Kirab Tumuruning Maheso Suro dan Labuhan Sedekah Laut yang diadakan setiap satu tahun sekali oleh Keraton Kasultanan Yogyakarta untuk memperingati tanggal satu Suro.

Pantai Patehan
Pantai Patehan secara administratif masuk dalam Desa Srigading, Kecamatan Sanden. Pantai Pandansari mungkin adalah salah satu alternatif untuk dikunjungi. Mengapa? Pantai yang juga dikenal sebagai Pantai Patehan ini merupakan salah satu pantai yang belum banyak diketahui oleh wisatawan. Pantai yang masih relatif sepi ini terletak di antara Pantai Samas dan Pantai Pandansimo. Setibanya di pantai, sebuah pemandangan pantai yang masih terlihat alami dan juga sebuah Mercusuar yang berdiri tak jauh dari bibir pantai.
 
Pantai Pandansimo

Betrikania Pandansimo berasal dari kata "pandan" (pohon pandan) dan "simo" (macan). Pantai Pandansimo berada di Desa Poncosari, Kecamatan Srandakan, kurang lebih 20 kilometer arah barat daya Kota Bantul. Terletak bersebelahan dengan Muara Sungai Progo, dan merupakan pantai paling barat dari deretan Pantai Selatan yang masuk ke wilayah Kabupaten Bantul.
Di sini juga terdapat berbagai aktivitas kebudayaan seperti upacara tradisi Merti Dusun, labuhan sedekah laut, dan pentas seni budaya.
Selamat berwisata Betrikania! :D

0 comments:

Post a Comment