Pemandian Istimewa Parang Wedang


Parangtritis Yogyakarta punya pemandian istimewa yang berkhasiat penyembuhan, pemandian Parang Wedang. Parang Wedang terletak di Parang Wedang, Parangtritis, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tempat ini banyak dikunjungi pasien dari berbagai kota di tanah air. Diyakini bisa menyembuhkan stroke, rematik dan sakit kulit.

Airnya hangat mengandung banyak mineral. Tak ada bahkan jarang yang menduga jika kawasan wisata pantai Parangtritis di Yogyakarta memiliki pemandian istimewa yang mempunyai keampuhan sebagai media penyembuhan dan teramat baik untuk kesehatan kulit. 

Pemandian Parang Wedang ada karena pertemuan dua lempeng yang mengakibatkan timbulnya mata air panas. Air dari mata air Parang wedang hangat dan konsentrasi kimianya tinggi. Penyebabnya karena ada patahan di daerah ini dan air tanah dalam yang berasal dari pegunungan di sebelah timur mengalir lewat sesar tersebut dan mendapat panas bumi. Tetapi anehnya tak di ketemukan unsur belerang layaknya sebuah sumber mata air panas.

Pemandian air panas Parang Wedang ini dibangun pada masa Sri Sultan Hamengkubuwono VI . Pada mulanya tempat pemunculan air panas ini adalah persawahan milik penduduk yang ketika ditanami padi ternyata tidak tumbuh. Kemudian oleh warga ditemukan air panas yang keluar dari bumi dan dilaporkan kepada pemerintah. Pemandian air panas ini memiliki tiga mata air yang memiliki kedalaman sekitar 10 meter. Datang dan rasakan hangatnya mandi di pemandian air panas Parang Wedang! 

0 comments:

Post a Comment