Pantai-pantai Gunung Kidul


Betrikania,
Pernahkah kalian berwisata ke pantai-pantai yang berada di Gunung kidul? Apakah kalian tahu Gunung Kidul memiliki banyak wisata pantai? Gunung Kidul memiliki banyak pantai yang dapat kita kunjungi. Banyak pula pantai pantai baru yang belum banyak diketahui. Beberapa diantara pantai di Gunung Kidul..
  
PANTAI WEDIOMBO
Pantai Wediombo merupakan pantai yang masih alami dengan panoramanya yang sangat indah, terletak di desa Jepitu, Kec. Giri Subo, Gunung Kidul, Yogyakarta.

Pantai Wediombo berasal dari kata wedi=pasir, ombo=lebar. Namun, sebenarnya pantai Wediombo tak mempunyai hamparan pasir yang luas. Bagian barat dan timur pantai diapit oleh bukit karang, membuat hamparan pasir pantai ini tak begitu luas.

Pemandangan yang indah dapat dinikmati dari atas perbukitan maupun dari pantainya itu sendiri. Sebelah timur pantai Wediombo terdapat pulau Kalong (sebuah pulau kecil yang dihuni ribuan kalong), tempat ini dapat dicapai dengan jalan setapak sejauh + 1.5 km.

Di pantai Wediombo terdapat gardu pandang yang lepas pandang, gubug istirahat, beberapa Gua. Keanekaragaman hayati maupun non hayati bisa dinikmati.

Dipinggiran pantai, berjajar warung-warung yang menjajakan aneka macam makanan, mulai dari makanan khas desa Jepitu, dan makanan jajanan warung pada umumnya. 

PANTAI TIMANG
Pantai Timang terletak di Gunung Kidul, Yogyakarta. Pantai ini relatif terpencil dan akses yang sulit, membuat namanya kurang dikenal warga sekitar. Di sisi barat kita dapat melihat pantai dengan substrat berbatu terjal, sedangkan di sebelah timur dapat ditemui pantai berpasir seperti pantai di daerah pantai selatan pada umumnya. Di sebelah selatan dapat kita lihat ongokan batu besar yang oleh masyarakat sekitar disebut watu panjang atau batu panjang.

Yang paling menarik dari Pantai Timang adalah pulau kecil yang berada tidak jauh dari tebing pantai. Pulau kecil ini menjadi sarang burung walet. Masyarakat sekitar membangun suatu lintasan tali yang menghubungkan Pantai Timang dengan Pulau Timang yang kecil tersebut. Melewati lintasan tali ini pastilah sangat memacu adrenalin mengingat tidak ada keamanan sama sekali.

PANTAI NGOBARAN
Pantai Ngobaran yang berlokasi di desa Kanigoro kecamatan Saptosari Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta merupakan pantai yang masih alami dan sangat indah. Pantai Ngobaran menawarkan sebuah keindahan dalam pluralisme lingkungannya. Ngobaran merupakan pantai yang cukup eksotik. Kalau air surut, anda bisa melihat hamparan alga (rumput laut) baik yang berwarna hijau maupun coklat. Puluhan jenis binatang laut juga terdapat di sela-sela karang, mulai dari landak laut, bintang laut, hingga golongan kerang-kerangan.

PANTAI SUNDAK
Pantai Sundak berlokasi di desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Pantai ini memang relatif alami, cantik  dengan dominasi laut berwarna biru dan pasir pantai yang berwarna putih. Sunset dan sunrise di pantai ini memang menawarkan pemandangan alam yang spektakuler.

PANTAI INDRAYANTI
Lokasinya bersebelahan dengan Pantai Sundak, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai berpasir putih yang menghampar dari Timur hingga Barat ini terbilang baru dan indah. Selain indah, kawasan pantai ini cukup bersih. Di pantai ini juga anda bisa bermain jetsky dan di pandu oleh orang-orang yang profesional. Jadi untuk anda yang ingin mencari tempat wisata yang baru tidak ada salahnya anda berkunjung ke Pantai Indrayanti ini dan menikmati keindahannya.

0 comments:

Post a Comment