Sendratari Ramayana


      Sendratari Ramayana adalah pagelaran kisah Ramayana yang memadukan seni tari, drama, dengan iringan musik tradisional Jawa. Pertunjukan ini digelar di kawasan Candi Prambanan, di Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman. Tepatnya di sisi Barat Candi Prambanan, yang dipisahkan oleh Sungai Opak.
Sendratari Ramayana menceritakan perjalanan hidup Rama. Sedangkan Sendratari yang ditampilkan hanya merupakan sebagian kecil dari perjalanan hidup Rama. Cerita ini Berasal dari aliran / agama hindu yang datang dari India , maka di India pun cerita ini sangat terkenal. Candi Prambanan dipilih sebagai tempat pelaksanaan Sendratari karena candi tersebut merupakan candi peninggalan agama Hindu dan cerita Ramayana juga merupakan cerita beraliran Hindu.

      Cerita ini bertema kisah pertarungan Rama dan Rahwana untuk menikahi seorang putri cantik bernama Dewi Shinta. Cerita ini beramanat bahwa untuk mendapatkan apa yang menjadi milik kita, kita harus berusaha keras, saling percaya, dan meminta pertolongan Tuhan. Selain itu keserakahan serta kejahatan pasti akan kalah. Cerita ini memiliki latar waktu di zaman dahulu serta berlatar tempat di Negara Mantili, Kerajaan Alengka, Hutan Dandaka, Gua Kiskendo, Taman Argasoka.

      Seluruh cerita dikemas dalam rangakaian gerak tari yang dibawakan oleh ratusan penari yang rupawan dengan diiringi musik gamelan. Dalam pertunjukkan ini tidak ada dialog yang terucap dari penari yang ada hanyalah suara sinden yang menggambarkan jalan cerita dalam bahasa Jawa. Melalui tembang yang dilantunkannya.Tarian yang digelar didengan latar belakang candi prambanan ini tidak hanya menyugguhkan music dan tarian saja nampun tata lampu juga telah dipersiapkan secara medetail karena cahaya tidak hanya menjadi sinar penerang yang bisu, melainkan mampu menggambarkan kejadian dan suasana hati para tokoh.

4 comments:

Annisa Luthfia S said...

mengagumkan :D jadi pingin nonton nih hehe

Anonymous said...

haha, temenku ikut jadi pemainnya lho,, siapa yang tanya?

ƪ(ˆ▽ˆ)ʃ betrikadea said...

memang mengagumkan bahkan para wisatawan asing antusias untuk menonton sendratari ramaya

ƪ(ˆ▽ˆ)ʃ betrikadea said...

wah iya to ? teman kami juga ada yang menjadi pemainnya hehe pasti bangga dapat memerankan suatu peran dalam sendratari ramayana :)

Post a Comment