Kabupaten Sleman Fokus ke Pendidikan Dasar dan Menengah

Tau gak sih, kalau  ternyata Pemerintah Kabupaten Sleman itu telah  menyatakan akan lebih serius dan fokus dalam mengelola pendidikan dasar dan menengah loh,  dengan cara  meningkatkan peran serta semua pihak untuk terlibat dan peduli kepada pendidikan. 

Oya, Pengembangan pendidikan di Sleman kedepan, akan lebih memfokuskan pada pembentukan karakter atau "character building" karena hal ini merupakan manifestasi tujuan pendidikan yakni membentuk manusia yang beriman, takwa, cerdas, dan trampil. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman juga bertekad agar setiap anak usia sekolah bisa mengenyam pendidikan sampai dengan jenjang SMA/SMK. Wah, prinsip yang hebat ya guys?? 

Dan untuk mendukung upaya tersebut maka Pemkab Sleman pada 2010 telah mengalokasikan dana sebesar Rp6,585 miliar untuk memberikan jaminan pembiayaan pendidikan bagi anak keluarga miskin sekolah sampai lulus SMA/SMK.  Jaminan pembiayaan pendidikan bagi siswa dari keluarga miskin ini diberikan mulai pendaftaran hingga biaya operasional sekolah termasuk biaya pribadi seperti, seragam sekolah, dan darma wisata. 

Selain itu, Pemkab Sleman juga telah merestrukturisasi Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga sebagai institusi yang memiliki tugas pokok dan fungsi mengelola pendidikan di Kabupaten Sleman. Wah..wah.. 

Pada saat ini, struktur Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga didasarkan atas fungsi pengelolaan pendidikan, yang terdiri dari Bidang Sarana Prasarana, Bidang Pembinaan Tenaga Pendidik dan Kependidikan, Bidang Pemberdayaan Pendidikan Non Formal dan Informal, Bidang Kurikulum dan Kesiswaan, serta Bidang Pemuda dan Olahraga. Jadi, masing-masing bidang tersebut mengelola semua jenjang pendidikan, sehingga ada kesetaraan kualitas diantara jenjang pendidikan di Kabupaten Sleman. Wideh.. semangat bapak-ibu Dinas.


Sumber : Antara News

0 comments:

Post a Comment