Kesiapan Obyek Wisata Sleman Menghadapi Libur lebaran 2011

1.    Obyek-obyek wisata di Sleman siap memberikan pelayanan pada libur lebaran 2011, baik menyangkut wisata alam, wisata pedesaan, wisata budaya, wisata minat khusus.
2.    Komunitas Hotel dan restoran di Sleman juga menyatakan kesiapannya menghadapi musim liburan lebaran tahun 2011 mendatang. Demikian terungkap saat dilaksanakan pembinaan dalam rangka menghadapi lonjakan tamu saat lebaran oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman, Kamis 18 Agustus 2011 di Resto Bumbu Djawa Jl. Palagan Tentara Pelajar Sariharjo Ngaglik Sleman.
3.    Pada H-3 hingga H+7 semua hotel bintang di DIY sudah penuh (tingkat hunian 100%). Agar jajaran hotel dan restoran di DIY khususnya Sleman hendaknya memberikan pelayanan yang prima kepada para tamu dan wisatawan. Hal tersebut merupakan salah satu upaya untuk memulihkan citra kepariwisataan DIY pasca erupsi Merapi.
4.    Semakin pulihnya tingkat hunian hotel merupakan bukti nyata bahwa kondisi kepariwisataan DIY sudah semakin mendekati normal. Mestinya ini merupakan tantangan bagi insan-insan pariwisata untuk senantiasa bersinergi khususnya dalam hal promosi dan pemasaran.
5.    Rencana jadwal pentas seni “Semarak Hari Raya Idul Fitri 1432 H – 2011” di Panggung Kesenian Tlogo Putri Kaliurang
a.    Rabu 31 Agustus 2011 Pukul 10.00 – 16.00 WIB Kesenian Badui “Miftakhul Jannah”, Dukuh II
 v     Margoagung Seyegan (kesenian religius)
b.    Kamis 1 September 2011 Pukul 10.00 – 16.00 WIB OM Balada, Sendangtirto Berbah (orkes
 melayu)
c.    Jum’at 2 September 20 11 Pukul 10.00 – 16.00 WIB OM GSP, Pandean Condongcatur Depok (orkes melayu)
d.    Sabtu 3 September 2011 Pukul 10.00 – 16.00 WIB OM Mahesa, Delingsari Gamping (orkes melayu)
e.    Minggu 4 September 2011 Pukul 10.00 – 16.00 WIB CS Mulyo Laras 1, Sempu Wedomartani Ngemplak (campursari)
6.    Obyek-obyek wisata di kawasan wisata kaliurang :
a.    Kawasan Tlogo Putri
b.    Taman Rekreasi Anak
c.    Gardu Pandang Kaliurang
d.    Museum Ullen Sentalu
e.    Museum Gunungapi Merapi (MGM)
f.     Trekking Bukit Pronojiwo, dapat melihat secara sempurna kawasan yang terkena erupsi Merapi mulai dari Bronggang – Kinahrejo (kawasan volcano tour, lokasi labuhan Merapi, rumah Alm Juru Kunci Merapi Mbah Maridjan, dsb)
g.    Trekking Goa Jepang, menyusuri bukit Plawangan dengan 23 goa peninggalan penjajahan Jepang (bukit Plawangan tidak terkena dampang langsung erupsi Merapi 2010, bila sampai puncak dapat melihat dan berhadapan langsung persis di selatan Gunung Merapi).
h.    Trekking Bukit Gandok – Kalikuning, menyusuri kawasan hutan di perbukitan  yang terkena dampak langsung erupsi Merapi 2010 dengan medan yang turun-naik menembus dan melewati pepohonan yang tumbang berserakan, melihat umbul temanten (umbul lanang-umbul wadon) yang merupakan sumber air bagi warga masyarakat Cangkringan dan sekitarnya, panorama bebatuan di dasar Kalikuning yang menawan.
i.      Sunrise di Umbul Wetan (silk sunrise), wisatawan asing yang pernah menikmati panorama sunrise di kawasan ini menyebutnya mirip sebagai “Sunrise di Ubud Bali”.
j.      Merapi Offroad, merupakan komunitas offroad lereng Merapi yang menawarkan paket wisata menggunakan mobil jeep dengan jalur wisata mengeksplorasi kawasan lereng Merapi yang meliputi kawasan Kaliurang - Museum Ullen Sentalu - Museum Gunungapi Merapi (MGM) –
 kawasan volcano tour di Cangkringan.
k.    Souvenir Lokal: Batik Jumput di Desa Wisata Kaliurang Timur, Batik Kayu
l.      Fasilitas: 300 hotel dan pondok wisata, 150 warung makan
7.    Museum Gunungapi Merapi (MGM) menerima wisatawan pada hari ketiga lebaran, 1 September 2011.
8.    Disbudpar Sleman menyusun Info Mudik Lebaran 2011, yang berisi informasi tentang berbagai macam obyek wisata, restoran dan rumah makan, makanan ringan dan khas, kerajinan dan suvenir, peta wisata Kabupaten Sleman dan peta jalur mudik 2011.

3 comments:

Anonymous said...

hal ini sangat membantu wisatawan

Anonymous said...

dengan kesiapan tersebut , terbukti para wisatawan banyak yang berkunjung ke yogyakarta :D

ƪ(ˆ▽ˆ)ʃ betrikadea said...

yapp bner banget tuh..
moga aja Yogyakarta bisa lebih maju lagi ya,, dibidang Pariwisata ^^

Post a Comment