Kompleks Rumah Dome


Di salah satu sudut Kabupaten Sleman, terdapat kompleks perumahan yang unik dengan bentuk bangunan yang sangat jauh berbeda dengan rumah-rumah masyarakat Jawa pada umumnya. Rumah tersebut adalah Rumah Dome. Rumah ini disebut sebagai Rumah Dome karena bentuknya yang bulat seperti kubah. Secara sepintas rumah ini akan mengingatkan kita kepada rumah Iglo milik orang Eskimo atau rumah Honai milik suku asli Papua.


Keberadaan Rumah Dome di Dusun Nglepen, Prambanan, Sleman. Rumah yang berbahan semen ini mempunyai diameter 7 meter dengan tinggi 4,6 meter. Rumah Dome dilengkapi 2 pintu 4 jendela dengan kamar sebanyak dua buah. Kompleks rumah dome berjumlah 80 buah. Rumah Dome ini dibangun oleh sebuah NGO sebagai pengganti rumah-rumah warga yang hancur karena gempa Jogja 27 Mei 2006.

Kompleks Rumah Dome juga dibangun sarana bermain anak, ruang pameran, dan fasilitas-fasilitas lain yang juga sangat menunjuang pariwisata. Kompleks rumah dome ini memang menjadi obyek wisata menarik yang banyak dikunjungi orang. Bahkan rumah dome ini menjadi obyek wisata minat khusus bagi para study tour mahasiswa atau pelajar.

6 comments:

Annisa Luthfia S said...

saya pernah datang ke tempat tersebut, bangunannya memang sangat unik :D

Anonymous said...

wah,, rumahnya lucu,, kaya teletubies

Anonymous said...

ada foto lebih jelasnya? sepertinya bagus

ƪ(ˆ▽ˆ)ʃ betrikadea said...

wkwk sepertinya memang terinspirasi teletubies deh , siap ! kami publish beberapa foto lagi :D

ƪ(ˆ▽ˆ)ʃ betrikadea said...

well, kita udah add foto lagi , silahkan dilihat hehe

Anggita Sekar Laranti said...

bagus lagi kalau ada foto bagian dalam rumahnya :D penasaran :3

Post a Comment