Museum Batik

Betrikania, Indonesia memiliki Museum Batik. Ya, Museum Batik Yogyakarta adalah museum batik pertama di Yogyakarta. Museum Batik Yogyakarta terletak di Jl. Dr.Soetomo 13-A, Yogyakarta. Museum ini dimiliki dan dikelola secara mandiri selama kurang lebih 28 tahun oleh pasangan suami istri Dewi dan Hadi Nugroho. Di kompleks museum ini juga, pasangan suami istri tersebut tinggal dan menetap. Inilah museum batik pertama di Yogyakarta yang menyimpan lebih dari ratusan batik tulis gaya Jogja dan Solo serta sejumlah batik cap gaya pesisiran.

Museum ini menyimpan lebih dari 1.200 koleksi perbatikan yang terdiri dari 500 lembar kain batik tulis, 560 batik cap, 124 canting (alat pembatik), dan 35 wajan serta bahan pewarna, termasuk malam.
Koleksi museum ini terdiri berbagai batik gaya Yogyakarta, Solo, Pekalongan, dan gaya tradisional lainnya dalam bentuk kain panjang, sarung, dan sebagainya. Motifnya kebanyakan berupa motif pesisiran, pinggiran, terang bulan, dan motif esuk-sore.

Jika Betrikania berminat belajar membatik, Museum Batik Yogyakarta juga menawarkan belajar membatik kilat. Penawaran menarik ini dilakukan sesuai dengan kebutuhan, bisa per jam atau per paket untuk lima kali pertemuan. Dengan membayar uang jasa sesuai tariff yang diberikan Museum Batik Yogyakarta, Anda akan memperoleh peralatan berupa canting (alat untuk membatik), kain mori, dan malam (lilin).

Menyenangkan bukan Betrikania? melancong sekaligus memperoleh pengetahuan baru. Selamat berkunjung!!! :D

0 comments:

Post a Comment