Wisata Sejarah Kulon Progo

   Makam Nyi Ageng Serang

Makam ini terletak di desa Banjarharjo, Kecamatan Kalibawang. Jarak sekitar 32 km dari Yogyakarta. Kompleks makam Nyi Ageng Serang memiliki nilai sejarah yang tinggi untuk mengenang perjuangan beliau dalam melawan penjajahan. 

Pemandian Clereng

 

Berada di Desa Sendangsari, Kecamatan Pengasih. Pemandian ini merupakan salah satu obyek wisata tirta dengan keberadaan kolam alami bersumber mata air Clereng dan didukung fasilitas kolam renang. Lingkungan sekitar Pemandian Clereng merupakan perbukitan yang dibawahnya mengalir mata air jernih yang juga dimanfaatkan untuk air minum dan irigasi pertanian. Pemandian Clereng terdiri dari kolam mata air alami serta dua buah kolam renang buatan manusia dengan kedalaman 0,5 - 2 meter. Oleh masyarakat sekitar, mata air pemandian Clereng kemudian dipercaya dapat membuat awet muda, serta dapat mendatangkan keselamatan dan ketentraman bagi siapa saja yang membasuh muka atau mandi di tempat ini.

Makam Girigondo 

Terletak di Dusun Girigondo, Kaligintung, Temon, Kulon Progo. merupakan makam keluarga Paku Alam. Di sini telah dimakamkan Almarhum Paku Alam ke V, VI, dan VII beserta keluarganya. Makam ini terletak di atas bukit, seperti halnya makam raja-raja Mataram dan keturunannya yang ada di Imogiri.


Tembok Pagar Pengasih

Berada di Kantor Kecamatan Pengasih, tepatnya di Jalan Purbo Winoto 06 Pengasih Kulonprogo. Tembok kecamatan ini memiliki kaitan erat dengan kabupaten Kulonprogo. Tembok pagar tesebut memiliki ketebalan 40 cm. Pada bagian tengah pintu masuk kantor kecamatan terdapat bangunan gapura berbentuk Semar Tinandu. Ketinggian tembok pagar sebelah barat gapura sekitar 150 cm dan sebelah timur gapura sekitar 200 cm.

0 comments:

Post a Comment