Jogja Si Tumpuan Para Pelajar

Yogyakarta..

Siapa yang tak mengenal kota dengan segudang prestasi di Dunia Pendidikan ini. Dari Sabang sampai Merauke pun tahu bahwa kota ini merupakan salah satu kota tumpuan para pelajar untuk menuntut Ilmu. Mengapa harus Yogyakarta??

Yah, itu pertanyaan yang kerap timbul di benak kita. Mungkin karna Jogja merupakan salah satu kota di Indonesia yang memiliki banyak instansi pendidikan, diantaranya mulai dari TK, SD, SMP, SMA, bahkan Perguruan Tinggi, yang saling berlomba-lomba dalam mutu dan prestasinya. Tak memandang mana sekolah negeri ataupun mana sekolah swasta.  Seiring dengan berjalannya waktu, sistem pendidikan di Yogyakarta semakin berkembang lebih pesat. Buktinya, dengan banyaknya perolehan prestasi yang diraih para pelajar kota Jogja di tingkat Nasional maupun Internasional. Selain itu, majunya pendidikan di Jogja ditandai juga dengan perolehan nilai rata-rata Ujian yang semakin meningkat pada setiap tahunnya, rendahnya intensitas tawuran antar pelajar, serta rendahnya tingkat “bolos” pada setiap sekolahnya.  Oleh karena itu, kota Jogja mulai dipercaya oleh orang tua siswa dari dalam maupun luar kota, untuk menyekolahkan anaknya di kota ini. Nah itulah sebabnya, sampai sekarang Kota Yogyakarta di kenal sebagai “Kota Pelajar” sampai sekarang. Banyaknya tokoh pendidikan seperti Ki Hajar Dewantara pun semakin memperjelas image kota Jogja sebagai  kotanya para pelajar.

Sistem pendidikan di Jogja umumnya juga mengusung Sistem Pendidikan yang berkarakter. Seperti yang baru-baru ini dicanangkan oleh pemerintah. Artinya pendidikan yang dapat mencerminkan karakter bangsa kita. Pada sekolah-sekolah di Yogyakarta juga mulai ditanamkan sistem tersebut hingga kini. Apa sekolah kamu sudah mencanangkan Sistem Pendidikan Berkarakter?? 

3 comments:

Anonymous said...

di jogja standartnya tinggi

ƪ(ˆ▽ˆ)ʃ betrikadea said...

yap.. justru standart tinggi itu, menjadikan tantangan bagi pelajar Jogja, u/ berlomba-lomba meraih prestasi :))

Annisa Luthfia S said...

bener banget :D

Post a Comment