Berkembangnya Prestasi Anak Didik di Kulon Progo

Kabupaten Kulon Progo telah mengalami kemajuan dalam Bidang Pendidikan. Hal ini dapat dilihat dari perolehan prestasi yang di dapat putra-putri daerahnya.  Mereka dapat menunjukkan pada dunia Nasional, bahwa Kabupaten yang merupakan salah satu bagian dari Provinsi DIY ini telah mampu bersaing di dunia pendidikan dalam kejuaraan Nasional. Hal itu dapat terjadi karena meningkatnya sarana dan prasarana di kabupaten ini. Seperti membaiknya sistem Pendidikan, Tenaga Guru yang memadai, serta perlengkapan yang dimiliki setiap sekolahnya.  Tetapi diluar itu semua, faktor yang terpenting ialah layanan yang diberikan oleh guru berupa bimbingan untuk meningkatkan potensi anak didiknya.
  
Salah satu kisah kini datang dari seorang anak yang bernama Novi Erniwati, pelajar kelas 3 SMP Negeri 1 Kalibawang Kabupaten Kulonprogo berhasil meraih juara 3 nasional Olimpiade Sains mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di Manado 17-18 Juli 2011 lalu. Kendati terhimpit ekonomi, tapi tidak membuat langkah Novi surut untuk meraih prestasi gemilang.
Perjuangan putri pasangan Bardi-Sriyana warga Pedukuhan Padaan Ngasem Banjarharjo Kalibawang dalam meraih prestasi mengharumkan dunia pendidikan dan nama Kulonprogo di tingkat nasional tersebut, tergolong sulit dan banyak mengalami batu sandungan. Salah satunya keterbatasan dana untuk membeli buku referensi soal-soal. Dan untuk mengatasi kesulitan dalam mencukupi kebutuhan buku referensi tentang IPS, maka selama persiapan menghadapi seleksi baik ditingkat Kabupaten Kulonprogo maupun DIY, Novi sangat bergantung dengan kalangan guru SMP Negeri 1 Kalibawang untuk menyiapkan keperluan menghadapi seleksi tersebut.
"Keberhasilan saya memang tidak lepas dari jasa bantuan guru dan pak Kepala Sekolah, Sumijo. Selain melakukan pembinaan sejak kelas 1, pak Sumijo bersama guru juga wira-wiri mencarikan buku dan mengantarkan saya ke tempat seleksi," kata Novi, Jumat (22/7).
Ditingkat Propinsi DIY, Novi Erniwati bersama teman satu sekolahnya yang mengikuti seleksi mata pelajaran Biologi kembali bersaing ketat dengan 58 peserta lain. Alhasil keduanya lolos dan menjadi duta Propinsi DIY Olimpiade Sains Nasional untuk masing-masing mata pelajaran IPS dan Biologi. Di tingkat nasional, Novi bersaing lagi dengan 395 peserta. Berkat kegigihan dan semangat pantang menyerah, akhirnya Novi Erniwati berhasil meraih juara 3, sedangkan teman satu sekolahan dengannya belum beruntung.
Atas prestasinya, Novi berhak membawa pulang medali perunggu dan uang pembinaan sebanyak Rp 4.000.000,- untuk dipersembahkan kepada ibu tercintanya, tenaga pendidik SMP Negeri 1 Kalibawang dan pemerintah serta masyarakat Kulonprogo.  "Pada saat diumumkan, saya betul-betul terharu sekaligus bangga, bisa membawa pulang medali juara tingkat nasional," katanya tersenyum.

Sumber : Kedaulatan Rakyat (KR)

0 comments:

Post a Comment