Wisata Alam Kulon Progo

Wilayah Kabupaten Kulonprogo memiliki pema
ndangan yang elok. Kawasan ini banyak menyimpan potensi wisata, tetapi selama ini wisata di Kulon Progo belum banyak digali untuk mendatangkan wisatawan. Beberapa tempat wisata alam di kabupaten Kulon Progo
1. Pantai Trisik

Berlokasi di wilayah Brosot, Kabupaten Kulon Progo. Berjarak sekitar 37 kilometer dari pusat kota Yogyakarta. Pantai Trisik memiliki kekhasan yaitu suasana pedesaan pesisir yang asri dan sederhana. Pantai Trisik juga salah satu persinggahan burung migran dari berbagai wilayah. Warga sekitar Pantai Trisik memanfaatkan wilayah pesisir dan laut sebagai sumber penghidupan.
2. Pantai Glagah

Berjarak sekitar 40 km dari kota Yogyakarta. Pantai Glagah memiliki potensi dan keindahan alaminya sangat menarik untuk dinikmati penggemar wisata pantai. Pantai Glagah termasuk pantai yang terjal dan curam. Bagi penggemar pancing, bisa memuaskan hobinya itu dengan memancing di kolam pemancingan yang memang telah disiapkan oleh Pemkab Kulonprogo. Bahkan para nelayan, akan memandu wisatawan menyusuri pinggiran pantai. Namun bagi wisatawan yang memiliki hobi menikmati keindahan alam, juga disediakan gardu pandang, taman rekreasi, dan lokasi berkemah.
3. Wisata Alam Kalibiru
Terletak di Perbukitan Menoreh Kulonprogo Yogyakarta, pada ketinggian 450 m dpl. Jarak sekitar  40 kmdari kota Yogyakarta. Wisata Alam ini dibangun atas inisiatif masyarakat yang berkeinginan agar hutan tersebut tetap tumbuh hijau, sejuk, dan lestari. Salah satu daya tarik kawasan wisata alam ini adalah bentang alamnya yang asri yang merupakan harmonisasi antara hijaunya hutan dengan hamparan berbukit yang sangat luas dengan pemandangan alamnya yang sangat indah dan mempesona. 

4. Pantai Congot
Terletak di Desa Jangkaran, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo. Pantai Congot menjadi pusat kegiatan warga sekitar yang menggantungkan hidup dengan mencari ikan. Pantai Congot memiliki pesona tersendiri dibanding pantai-pantai lainnya. Di sepanjang garis pantainya, anda bisa melihat aktivitas warga sekitar dan wisatawan lokal memuaskan kegemaran memancing.

5. Gua Kiskendo
Goa Kiskendo terletak di desa Trayu, Kecamatan Singorojo, Kabupaten Kendal. Gua ini terletak 35 kilometer dari kota Yogyakarta. Hawanya sejuk karena berada di daerah perbukitan. Gua ini terbentuk selama berabad-abad akibat tetesan air yang turun kebawah. Disini ditemukan pula stagnit dan stalagtit. pada bagian ujung gua terdapat sungai yang mengalir, menembus perut bumi. Goa Kiskendo adalah goa alam di pegunungan Menoreh yang terletak 1200 m di atas permukaan laut. 

6. Puncak Suroloyo

Puncak Suroloyo berada di Keceme, desa Gerbosari, Kecamatan Samigaluh. Berjarak 45 km dari Yogyakarta. Puncak Suroloyo merupakan bukit tertinggi di Pegunungan Menoreh yang berada pada 1.091 meter di atas permukaan laut. Dari Puncak Suroloyo kita bisa menikmati pemandangan Gunung Merbabu-Merapi, Gunung Sindoro-Sumbing, Candi Borobudur serta pemandangan kota Magelang. Pemandangan pegunungan menoreh yang berada di sekeliling Suroloyo menjadi nilai tambah keindahannya. Keindahan panorama ini telah didukung dibangunnya tiga buah pendopo yang memberikan kenyamanan tersendiri.

0 comments:

Post a Comment